Select Menu

BERITA TERKINI

INFO PRD MNUKWAR

PNWP & KNPB

POLHUKAM

INTERNASIONAL

FOTO & VIDEO

TANAH WEST PAPUA

» » » » MNUKWAR : AKSI DAMAI RAKYAT WEST PAPUA DIHADANG DAN DIBUBARKAN APARAT KEAMANAN GABUNGAN

PRD Mnukwar ; Rakyat West Papua di Mnukwar pada hari Rabu, 24 Juni 2015 melakukan aksi damai dengan agenda “RAKYAT WEST PAPUA MENDUKUNG ULMWP SEBAGAI LEMBAGA PERWAKILAN RAKYAT WEST PAPUA DI MSG”. Masa aksi yang hadir merupakan undangan hati nurani sesuai seruan Komite Nasional Papua Barat (KNPB). Rakyat West Papua sangat bersemangat dan menuju ke titik aksi namun dihadang oleh aparat gabungan polisi, brimob, dan TNI. Sejak jam 6.00 pagi aparat gabungan sudah menguasai dan memenuhi ruas jalan Amban manokwari. Sehinga begitu masa aksi bergerak menuju titik aksi aparat gabungan langsung hadang.
Negosiasi pun dilakukan, polisi mengatakan bahwa kami sudah melihat surat himbauan KNPB yang disampaikan kepada kami kepolisian tetapi ketua KNPB Alexander Nekenem tidak tanda tangan dan tidak mengetahui soal aksi hari ini jadi kami tidak ijinkan. Tetapi KNPB mengatakan jika demikian kami minta waktu untuk orasi di titik kumpul. Tetapi pihak kepolisian tidak ijinkan dan memaksa masa aksi harus bubar. Aparat keamanan membanjiri ruas jalan lengkap dengan alat organic seakan – akan hendak menghadapi kelompok bersenjata. Rakyat west Papua memilih mundur dari pada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Akhirnya masa aksi diarahkan ke kantor KNPB di jalur Gaza.
Menangapi soal surat himbauan yang dipersoalkan olah pihak kepolisian bahwa  ketua KNPB tidak tanda tangan dan tidak mengetahui aksi hari ini. Hal ini ditepis oleh sekjen PRD Mnukwar Rafael Natkime bahwa tanda tangan yang dibubuhi diatas nama ketua KNPB Mnukwar Alexander Nekenem dan Yoram Magai selaku sekretaris itu di Scan. Jauh hari Sebelumnya sudah kami koordinasi sejak ketua KNPB Alexander Nekenem masi ditahan di tahanan Mako Brimob. Walaupun ketua dan sekretaris di dalam terali besi tetapi pelaksana kegiatan diluar tetap ketua dan sekretris yang ada di tahanan polres. Sehinga tanda tangan itu adalah sah.  Kami dari KNPB bukan baru mau laksanakan hal seperti ini, siapapun dia adalah telah ambil sikap. Selanjutnya akan kami lakukan seperti itu sehingga pengalaman hari ini menjadi pembelajaran untuk kedepan. Jika Alexander  tidak setuju atau tidak mengetahui hal itu kami tidak yakin, sebab sejak Alexander Nekenem, Yoram Magai, dan Othon Gombo dipindahkan dari Mako Brimob ke tahanan polres 11 juni 2015, kami dari keluarga tidak diijinkan menemui mereka. Kami sangat kwatir atas nasib mereka yang ditahan di ruang gelap, yang tentunya sulit untuk buang air. Dihadapan masa aksi di jalur gaza, ia juga menghimbau kepada rakyat agar berapa hari kedepan rakyat West Papua mendukung ULMWP di MSG dengan doa dan puasa. Ucapan terimah kasih kami dari rakyat West Kepada rakyat Negara-negara Melanesia yang bersama berdiri dan mendukung West Papua di MSG. kita satu keluarga besar Melanesia.
 KNPB  melalui komisariat Diplomasi Samuel Mabel dihadapan masa menyampaikan bahwa hari ini aksi kami rakyat West Papua dihadang dan dipaksakan untuk bubar oleh pihak aparat keamanan Indonesia. Tetapi secara politik kami menang sebab sejak West Papua dianeksasikan ke Indonesia hinga sekarang masi dibungkam ruang demokrasi bagi rakyat West Papua untuk menyampaikan pendapat dimuka umum. Terima kasih kami kepada aparat keamanan TNI dan POLRI yang sudah menghadang kami.  Ia juga menambahkan, rakyat tetap naikan tensi perjuangan dan serta doa bagi ULMWP. Kami yakin dan percayaya bahwa ULMWP akan terdaftar di MSG sebagai anggota penuh.


FOTO - FOTO







  
 
 

 










About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply

ARTIKEL & OPINI